Posted by : Unknown Thursday, January 3, 2013

wooyoo bradd n sis.,jumpa lagi bersama ane., kali ini ane mau ngasig info tentang sejarah musik asal jamaica yang bisa dibilang 'sudah tua'. Ia adalah SKA. Genre musik asal jamaika yang satu ini terkenal dengan tempo nya yang cepat n alunan terompet yang bikin kita terkagum-kagum lho., Ngag percaya.,?? download dah lagunya di blog ane.,,.SKA sendiri berasal dari jamaika pada akhir 1950-an dan ska merupakan musik pendahulu dari rocksteady (paling favorite ane) dan reggae (musik kesukaan ane). Elemen awal dari terciptanya ska adlah gabungan dari mento karibia dan calypso dengan jazz amerika dan RnB. Pada awal 1960-an, ska adalah musik yang dominan dengan mods inggris dan menjadi populer dengan adanya skinhead.
  Sejak awal 40'-an , jamaika mengadopsi and mengadaptasi berbagai bentuk musik-musik dari Amerika. Lalu setelah PD 2 berakhir , banyak band-band jamaika yang memainkan musik dansa karena terpengaruh oleh musisi-musisi jazz amerika. Namun pada 1950-an , ketenaran band-band jazz jamaika tergantikan oleh group-group kecil yang cenderung lebih memainkan irama bop/rhythm dan blues sound. Hal ini membuat musisi Jamaika yang sering berkunjung ke amerika menjadi terpengaruh dan membawanya pulang ke jamika. Kemudian mulailah sebagian band-band jamaika memainkan genre tersebut. Pada akhir 1950-an , pengaruh-pengaruh jazz,RnB, dan mento melebur menjadi satu bentuk baru yang diberi nama 'shuffled'. Shuffled pun mulai berkembang. Tahun 1962 , saat jamaika sedang gandrung-gandrungnya meniru musik-musik Amerika , Cecil Bustamente Campbell yang kemudian dikenal dengan 'Prince Buster', tahu bahwa sesuatu yang baru amat dibutuhkan pada saat itu.Ia memiliki gitaris yang bernama Jah Jerry yang kemudian bereksperimen di musik dengan menitik beratkan ketukan 'afterbeat'(cepat) dari pada 'downbeat'(lambat). Hingga pada saat ini ketukan 'afterbeat' menjadi esensi dari singkop (penukaran irama) khas Jamaika. SKA pun kemudian lahir. Ska sendiri dibagi menjadi 3 periode. Yaitu scene jamaika asli dari tahun 1960-an (1st WAVE), Kebangkitan ska 2tone di inggris pada akhir 1970-an (2nd WAVE), dan pererakan ska gelombang ke tiga, yang dimulai pada 1980-an (3rd WAVE) dan menjadi populer di amerika serikat sekitar tahun 1990-an. 
  Di Indonesia sendiri , ane nggag tahu siapa musisi indonesia yang pertamakali memainkan gernre SKA. Namun yang jelas, sejag TIPE-X mulai rajin mengisi pensi-pensi dengan musik skanya, genre ini menjadi lebih banyak dikenal masyarakat Indonesia.Setahu ane, band ska di indonesia itu udah ada banyak. Apalagi di era sekarang ini. Banyak band-band ska yang bermunculan berbarengan dengan mulainya reggae merajalela. Band ska indonesia yg ane ketaui yaitu:
-Monkey Boots
-Simmer down
-Bandung Inikami Orcheska
-Tipe-x
-Don Lego
-Gerhana Ska Cinta (dari malaysia)
-Heavy monster
-Elite Monkey
-dll
Mau Lagunya.,?? download dah di menu bar ane.,sedot sampeg mampus.,.,hahahahaa
Sekian info dari ane a bradd n sis ya.,.,tunggu info lainya dari ane ya man.,......

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate

MENUne Man..

Manteman...

Dragonball Pointer
Powered by Blogger.

Reggae man..

REGGAE INDONESIA, KUMPULAN MUSIK REGGAE INDONESIA

Copyright © 2012 bradd ilham -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan